Ulasan 1 - Perkenalan Sistem Operasi

Pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang materi awal dari mata kuliah Sistem Operasi yaitu Perkenalan Sistem Operasi. Artikel ini akan mengulas dengan bersumber dari video youtube, berikut informasinya.

Judul video : Introduction to operating systems concept
Durasi : 8:20 menit
Pengarang : Tami Sorgente
URL : https://youtu.be/6gS1TH6xTAY

Sistem Operasi adalah sebuah program atau software yang berperan sebagai jembatan antara aplikasi dengan hardware. Tujuan dari Sistem Operasi itu sendiri adalah untuk menjalankan program pengguna atau aplikasi, mempermudah dalam memecahkan masalah pengguna, membuat sistem komputer nyaman digunakan dan mengelola komputer hardware dan resource agar lebih efisien. Sistem Operasi adalah manajer yang membutuhkan penggunaan sumber atau resource dalam pengelolaannya.

Ada beberapa istilah dalam Sistem Operasi seperti resource yaitu komponen yang diperlukan dalam melakukan operasi atau menyelesaikan tugas, process yaitu program aktif, deadlock yaitu situasi dimana satu proses menunggu proses lainnya yang saling menunggu sampai selesai sehingga membuat satu sama lain tidak dapat menyelesaikan tugasnya, buffer yaitu area pada memori untuk menyimpan data dan cache yaitu area pada memori untuk menyimpan duplikat data, cache lebih cepat dibandingkan buffer

OS Kernel merupakan satu proses yang mangandung fungsi-fungsi awal dan berjalan pada setiap waktu saat komputer dinyalakan. Saat Sistem Operasi sedang melakukan eksekusi pada sebuah proses dan ada proses lain yang datang untuk di eksekusi maka Sistem Operasi akan memberhentikan sementara proses yang sedang berjalan, hal berikut dapat disebut interrupt.

Dalam video tersebut sudah menjelaskan apa itu Sistem Operasi dan menjelaskan beberapa istilah pada Sistem Operasi dengan cukup detil dan ringkas. 

Github Account : ganigemilar
Video Author : Tami Sorgente
Pemetaan : week00
Revisi Pertama : 16 Mei 2017
Revisi Terakhir : 16 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017

RANKING00 ULASAN PESERTA OS 2017